BioChEmIsTrY

Tuesday, August 2, 2011

Limbah Pabrik Kertas Disulap Menjadi Produk Ramah Lingkungan

Oleh: Rian Triana

Seorang mahasiswa pascasarjana jurusan pertanian  di Yerusalem telah berhasil mengembangkan suatu metode baru untuk mengubah limbah pabrik kertas menjadi ramah lingkungan dengan memanfaatkannya pada industri busa dari sumber daya terbarukan.

Busa banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pembuatan furnitur dan interior mobil. Aplikasi pada material komposit banyak menggunakan busa sebagai bahan inti dalam panel "sandwich" untuk mencapai kekuatan tinggi, penurunan berat badan, disipasi energi dan penyekatan. Busa konvensional dihasilkan dari polimer seperti poliuretan, polistiren, polivinil klorida (PVC) dan polietilen terftalat (PET). Pembuatan busa ini saat ini bergantung pada minyak fosil sehingga mengakibatkan kerugian pada lingkungan.



Shaul Lapidot, Ph.D, mahasiswa Prof Oded Shoseyov, bersama dengan rekan laboratorium di Fakultas Pertanian, Pangan dan Lingkungan Robert H. Smith, telah merumuskan suatu prosedur untuk memproduksi nano-kristal selulosa (NCC) dari limbah pabrik kertas . NCC diproses lebih lanjut menjadi komposit busa untuk diaplikasikan dalam industri bahan komposit sebagai pengganti berbasis bio untuk busa sintetis.

Proses produksi kertas melibatkan hilangnya semua serat dengan ukuran yang lebih rendah daripada ukuran mesh kain pembentuk. Akibatnya sekitar 50% dari keseluruhan serat awal untuk produksi dibuang sebagai lumpur. Di Eropa saja, 11 juta ton limbah yang dihasilkan setiap tahun oleh industri ini. Hal ini mendorong penemuan untuk mencari alternatif dan menggunakan aplikasi yang berbeda untuk limbah tersebut.

Lapidot telah menemukan bahwa serat dari lumpur pabrik kertas merupakan sumber yang sempurna untuk produksi NCC karena ukurannya yang kecil membuatnya membutuhkan energi dan bahan kimia yang relatif rendah untuk mengolahnya menjadi NCC. Ia juga mengembangkan aplikasi NCC ke busa struktur nano. Hal ini diproses lebih lanjut menjadi busa komposit untuk aplikasi dalam industri bahan komposit untuk digunakan sebagai pengganti busa sintesis berbasis bio.

Sumber: http://www.sciencedaily.com/releases/2011/08/110801094309.htm

1 komentar: